Kamis, 27 Oktober 2016

Trend Inovasi Teknologi Masa Kini

HALOOOOO SEMUA!! Balik lagi nih dengan saya Tia di blog ini. Setelah beberapa lama,saya meninggalkan sebentar blog ini…. Akhirnya saya kembali lagi!!!! Tentunya dengan topik yang baru :D

Kali ini,saya mau bahas tentang tren inovasi teknologi masa kini… Alias teknologi yang lagi booming atau yang ada pada masa kini :D Yaa,seiring berkembangnya zaman.. sudah selayaknya teknologi akan terus berkembang. Itu dikarenakan semakin berkualitasnya seorang manusia sehingga dapat menciptakan berbagai teknologi-teknologi baru yang canggih dan tentunya mungkin akan rumit dalam pembuatannya + membutuhkan budget yang lumayan pula.

Daripada saya terlalu banyak berbicara,yuk mari kita bahas teknologi apa saja yang sudah ada pada masa sekarang :D

1.     SPHERO BB-8 DROID

Mungkin sebagian dari kalian tidak tahu dengan alat tersebut. Atau sebagian dari kalian beranggapan itu adalah sebuah mainan. Yaps,memang benar itu adalah sebuah mainan. Sphero BB-8 Droid adalah sebuah mainan berteknologi canggih. Mengapa demikian?? Karena mainan ini menggabungkan sebuah teknologi hologram dan teknologi digital control. Gabungan 2 teknologi inilah yang menurut saya menjadi daya tarik tersendiri untuk mainan ini. Mainan ini adalah sebuah robot yang bisa kita kendalikan semau kita melalui aplikasi nya yang bisa kita download di Playstore ataupun Appstore. Robot ini dapat bergerak dengan kehendak kita :D Pada aplikasi nya,terdapat berbagai menu sebagai berikut :

a.      Menu Drive
Digunakan untuk menggerakan robot BB-8 nya :D Hanya dengan menggeser-geser ke kiri dan kanan pada aplikasi,robot ini akan bergerak sesuai arah yang kita lakukan pada aplikasi. Robot ini bergerak secara menggelinding dengan putaran 360 derajat. Pergerakan nya itu langsung secara real time,tanpa delay sedikitpun. Maksudnya yaitu yaaa jika kita menggerakan robot BB-8 melalui aplikasi,secara otomatis robot tersebut akan bergerak. Selain bisa menggelinding,robot ini juga bisa mengangguk,menggeleng,atau marah yang disertai dengan suara lucu yang dikeluarkan oleh robot tersebut melalui speaker smartphone.

b.      Menu Message

Di menu ini,kita bisa merekam pesan video lewat kamera depan smartphone kita secara holografik dan nanti nya pesan tersebut akan ditampilkan oleh si robot BB-8 secara hologram :D

c.       Menu Patrol


Di menu ini,kita bisa melepas si robot BB-8. Pada menu ini,si robot dapat mengeksplor lingkungan tempat dia berada secara bebas tanpa kita kendalikan. Dia dapat mengeksplor sesukanya. Dan kita dapat melihat pergerakan si robot BB-8 ini alias memantau gitu :D heheh si robot BB-8 ini dapat mendeteksi adanya halangan, mendeteksi suhu ruangan, hingga memberikan informasi kecepatan lajunya.


2.     Drone
Drone merupakan sebuah pesawat tanpa awak. Pada mulanya,drone dikembangkan untuk militer,misi pencarian dan penyelamatan. Namun semakin berkembangnya zaman,drone juga berfungsi dalam bidang jurnalistik seperti merekam video,memotret,dan pengumpulan data. Drone juga berfungsi untuk pengiriman barang dan makanan pada masa sekarang.
Drone yang sedang tenar saat ini merupakan drone dengan jenis Multicopter Drone yang dilengkapi dengan 4 baling-baling dan dikontrol menggunakan sebuah remote control. Biasanya drone seperti ini digunakan untuk merekam keadaan sekitar,merekam pemandangan dari atas,memotret dari jarak jauh,dll.



3.     Camera 360 derajat




Teknologi ini merupakan teknologi baru dimana pengguna bisa merekam seisi ruangan tanpa harus mengelilingi seluruh isi ruang. Pengguna cukup menaruh kamera 360 derajat di tempat yang strategis,lalu setelah video diaktifkan.. kamera akan merekam seluruh isi ruang. Kamera mengambil pandangan dari segala arah. Ini memungkinan si penonton nantinya dapat melihat seluruh isi ruangan dan merasakan seperti didalam ruangan tersebut. Untuk livestreaming yang menggunakan kamera ini,cara kerjanya sama. Cukup taruh kamera ditempat yang strategis,lalu hubungkan ke youtube via wifi,dan nyalakan kamera nya. Secara otomatis,kamera akan merekam seluruh isi ruangan,dan  penonton dapat melihat seluruh isi ruangan dengan cara memutar smartphone atau menggeser-geser videonya. Penonton juga dapat menonton nya menggunakan VR Box atau Google Card Box.

4.     Virtual Reality

VR atau Virtual Reality merupakan teknologi yang memungkinkan si pengguna untuk dapat berinteraksi secara langsung dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer,suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan VR umumnya menyajikan pengalaman visual.
Pada masa sekarang,terdapat berbagai jenis Virtual Reality. Ada yang dinamakan Virtual Reality Box,yang cara menggunakannya dengan memasukkan smartphone kedalam box nya. Ada pula yang dinamakan HTC Vive. VR jenis ini merupakan the next level of VR :v sebab VR ini tidak lagi menggunakan bantuan smartphone.. melainkan menggunakan PC sebagai alat bantu. HTC Vive ini biasa digunakan para gamers untuk bermain game.

Yaps,mungkin itulah beberapa teknologi inovasi masa kini menurut saya. Mohon maaf jika ada paparan saya yang kurang tepat,karena saya juga masih belajar. KEEP READ MY BLOG YAA!! :D


Sumber-sumber :










42 komentar:

  1. Virtual reality itu gimana ya mba maksutnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Virtual reality itu kalo kita pake alatnya yaitu VR Box,misal kita nonton film di vr box.. nah kita kaya berada didalam film tersebut.. heheh

      Hapus
  2. Balasan
    1. Utk VR Box/Google Cardbox,bisa diconnect ke hp krn pada dasarnya memang hpnya dimasukin kedalam alatnya. Cmn untuk jenis HTC Vive,dia menggunakan pc sebagai media mainnya :D

      Hapus
  3. Makin berkembang ajah yak teknologi sekarang2
    Btw thanks ka, artikelnya bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa semakin berkembang memang,hahaha dan mungkin nanti nya akan lebih canggih dr itu semua :D
      Btw,sama2 ya kak :D semoga bermanfaat :)

      Hapus
  4. infonya bagus, bermanfaat yaa.

    BalasHapus
  5. Nice info tia dan bermanfaat!!

    BalasHapus
  6. Informasinya sangat bagus,menarik,menambah wawasan apalagi saya tertarik dgn drone,saya suka,lanjutkan :)

    BalasHapus
  7. Nambah wawasan bgt tiaaa. Makasih infonyašŸ‘ŒšŸ‘Œ

    BalasHapus
  8. Mantapp. makasih ya buat infonya

    BalasHapus
  9. Sadap, makasiih infonya apalagi yg camera 360 derajat

    BalasHapus
  10. Sangat bermanfaat infonya. Terimakasih banyak.

    BalasHapus
  11. Gudjabbbb!! Nice article Tia. You're so awesome. Terus menulis ya, biar bisa jadi inspirasi dan menambah wawasan semua orang ><

    BalasHapus
  12. Keren informasinya, sangat berguna :)

    BalasHapus
  13. Wah, keren2 ya! Terima kasih infonya :)

    BalasHapus
  14. terima kasih infonya. menambah wawasan.. :))

    BalasHapus
  15. bagus bagus nambah pengetahuan saya, lanjutkan!

    BalasHapus
  16. Nice!! Thank you for ur information:-)

    BalasHapus
  17. wiiih, mantap bgt.. nambah pengetahuan sekalii.. (y)

    BalasHapus
  18. wih star wars sejati wkwkwk, thank you mba tia!

    BalasHapus
  19. ngejreng bgt ah warna font nya:(

    BalasHapus
  20. makasih infonya, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  21. manfaat bgt nih makasih yaa moga moga berkah aamiin

    BalasHapus
  22. terimakasih infonya, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  23. wahh lucu robotnya.. nice info keep writing ya tia!

    BalasHapus
  24. Makasih infonya. Sangat berfaedah dan bermanfaat buat kelanjutan hidup saya. Trims

    BalasHapus
  25. mantap infonya, nice and thanks ya~!

    BalasHapus
  26. Wah kekinian nih bahasannya
    Nais info Tia, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus