Sabtu, 01 Oktober 2016

Studi Literatur ( Part 1)



Nama                   : Prasastia Aryani Saliha
NPM                    : 15115364
Kelas                   : 2KA01
Mata Kuliah        : Inovasi SI & Teknologi Informasi Modern 


Pada masa kini,kita berada di zaman dimana teknologi sudah berkembang. Oleh karenanya,untuk di dunia perkuliahan pun jurusan yang bergengsi saat ini yaitu jurusan yang berhubungan teknologi. Jurusan itu adalah SI & TI. Mungkin karena dianggap menjanjikan untuk masa depan para mahasiswa/mahasiswi,hahahaha :v Ya memang menjanjikan sih sebenarnya kalo ditekuni secara sungguh-sungguh. Dan saya merasa bangga masuk jurusan ini karena pertama saya itu wanita, dan yang kedua itu karena saya berpikir lulusan jurusan ini cukup menjanjikan untuk kedepannya.Iya kedepannya. Di masa dimana teknologi sudah sangat berkembang. Oiya kenapa alasan pertama itu karena saya wanita? Sebab rata-rata,jurusan ini dipenuhi oleh para lelaki :v walau tidak semua begitu sih,hehehhe

Berbicara tentang SI & TI,saya disini tidak membahas tentang jurusannya karena bukan konteksnya. Tapi saya membahas tentang aspek yang dipelajari di jurusan ini. Well,kepanjangan dari SI & TI sendiri itu Sistem Informasi & Teknologi Informasi. Mungkin sebagian dari kalian,menganggap 2 istilah itu sama,dan sebagian lagi tidak. Atau mungkin ada yang tidak tahu tentang 2 istilah itu. Maka dari itu,untuk menjawab semua keraguan itu… Yuk mari kita bahas bersama :D

Apa sebenarnya SI & TI itu???

SI

Dikutip dari web Wikipedia (https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi) , Sistem Informasi (SI)  adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Atau dia bisa juga merupakan gabungan yang terorganisasi dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam organisasi.

Dari definisi diatas,bisa disimpulkan bahwa SI itu merupakan suatu gabungan atau kombinasi. Dimana didalamnya berisi manusia,software,hardware,jaringan komunikasi dan sumber data yang tersusun dengan baik guna mengumpulkan,mengubah dan menyebarkan info dalam organisasi. Ya bisa dibilang,aspek ini lebih membahas kepada kombinasi dari teknologi informasi.

TI

Dikutip dari web Wikipedia (https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi), Teknologi Informasi (TI) adalah  istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

Menurut suatu blog mengatakan bahwa TI ialah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Beberapa ahli juga mendefinisikan hal itu. Menurut Williams dan Sawyer (2005) yang dikutip di salah satu web, Teknologi Informasi sebagai suatu bentuk umum yang menggambarkan setiap teknologi yang membantu menghasilkan, memanipulasi , menyimpan , mengkomunikasikan, menyampaikan informasi. Lalu menurut Martin, Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins (2005) yang dikutip di web yang sama mengatakan bahwa teknologi informasi ini merupakan kombinasi teknologi komputer yang terdiri dari perangkat keras dan lunak untuk mengolah dan menyimpaninformasi dengan teknologi komunikasi untuk melakukan penyaluran informasi.

Jadi,dari beberapa definisi TI diatas… dapat disimpulkan bahwa TI itu ya sebuah teknologi untuk menyalurkan suatu informasi. Atau bisa juga,TI ini adalah sebuah alat/fasilitas yang bisa dimanfaatkan manusia atau meringankan pekerjaan manusia seperti membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Ya intinya sih,TI ini alatnya.. heheheh :D

Apakah SI dan TI sama????

Mungkin sebagian dari kalian menganggap dua istilah itu sama,termasuk saya sendiri. Dan sebagian lainnya beranggapan mereka itu berbeda. Namun,setelah saya telaah lebih lanjut.. mereka itu berbeda. Saya mengatakan berbeda bukan semata-mata asal bunyi dan tidak ada bukti. Karena itu semua dari hasil telaah saya terhadap definisi masing-masing yang telah saya tulis sebelumnya. Menurut saya,SI itu ibarat Kampus. Mengapa??? Karena,di kampus terdapat sekumpulan objek dan berbagai teknologi yang tersusun secara rapid an terorganisir dengan baik. Sebagai contohnya terdapat mahasiswa,gedung (sebagai objek) serta berbagai layanan mahasiswa secara online,proyektor ( sebagai teknologi). Nah,jika SI ibarat kampus,TI itu ibarat yang ada didalam kampus tersebut atau bisa juga dibilang TI itu alat penunjang untuk kampus. Mereka ada guna membantu segala kegiatan yang terjadi.

Itu perbedaan SI dan TI menurut analisa saya. Berikut saya jabarkan perbedaan SI dan TI menurut beberapa web.

Menurut web pacarita.com , perbedaan SI dan TI yaitu jika system informasi itu merupakan sebuah system yang menyediakan informasi bagi user/pengguna. Sedangkan teknologi informasi itu lebih kepada teknologi yang menunjang aktivitas system informasi.

Ada pula,menurut sebuah blog mengatakan bahwa perbedaan SI dan TI yaitu jika SI ini mencakup seluruh sistem didalam perusahaan secara keseluruhan termasuk teknologi informasi,akuntansi, manajemen, dll di dalamnya, sedangkan teknologi informasi ada untuk membantu/menunjang kegiatan sistem informasi, diantaranya pembuatan hardware, software, network, database, dll

Monggo dibaca untuk part 2 nya untuk mengetahui kelanjutan paparan saya : Studi Literatur Part 2


 









 
 


51 komentar:

  1. Terimakasih infonya. Sangat membantu

    BalasHapus
  2. Terimakasih infonya. Sangat membantu

    BalasHapus
  3. Informasinya sangat membantu, terimakasih yaa:)

    BalasHapus
  4. Waaa keren bgt kakk makasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa sama-sama yaaa kak,hehe jadi enak dibilang keren :3

      Hapus
  5. Waaa keren bgt kakk makasih banyak

    BalasHapus
  6. Jadi itu perbedaan SI dan TI, terima kasih atas infonya 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak,itu perbedaannya. Semoga kamu paham ya :) sama-sama,heheh

      Hapus
  7. Terima kasih untuk infonya, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  8. makasih infonyaa lohh

    BalasHapus
  9. mampir dulu ah, makasih infonya, bagus kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 yaaa,hehe semoga bermanfaat dan thanks sudah mampir :)

      Hapus
  10. nice info, thank you keep writing!

    BalasHapus
  11. Nice article dan sangat bermanfaat👍🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasii yaa sis,alhamdulillah kalo bermanfaat yaps.. hehe

      Hapus
  12. Wihhhhh thanks infonya, sangat bermanfaat :)

    Btw jangan lupa mampir ke http://deaclaodya.blogspot.com

    BalasHapus
  13. waduh thanks banget info ttg si dan ti nya, jadi makin tau lebih dalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama-sama loh ya,semoga paham ya sama paparan saya diatas :)

      Hapus
  14. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wihhh,sama-samaa yapss.. alhamdulillah kalo bermanfaat :)

      Hapus
  15. Makasih mba infonya bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah sama-sama yaa gan atas komen positifnya :) semoga paham yaps,hehe

      Hapus
  16. Artikelnya bagus, makasih yaa

    BalasHapus
  17. makasih kak infonya, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  18. Artikelnya sangat membantu sekali makasih yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus deh kalo membantu yaaps,sama-sama yaa.. hehe makasi sudah mampir :)

      Hapus
  19. Balasan
    1. Wahh iya kak sama-sama yaaa.. makasi juga sudah mampir :)

      Hapus
  20. terus posting artikel yg bermanfaat ya (y)

    BalasHapus