Sabtu, 15 Oktober 2016

BAB 1 KOMUNIKASI



 Nama          : Prasastia Aryani Saliha
 Kelas           : 2KA01
 NPM           : 15115364
 Studi           : Teori Organisasi Umum 2

Pada jaman sekarang ini,kita sudah tidak asing dengan istilah “komunikasi”. Istilah tersebut sangatlah penting dalam berjalannya suatu relasi. Jika dalam sebuah relasi,tidak dilandasi dengan komunikasi yang bagus.. pasti akan tercipta relasi yang tidak sehat atau relasi tersebut tidak bertahan lama. Dan karena manusia itu terlahir untuk bersosialisasi,maka istilah ini sangat penting. Komunikasi ini bisa hanya dalam lingkupan keluarga,lingkungan pendidikan,lingkungan kerja. Tapi biasanya, landasan utama dari komunikasi yaitu di lingkungan keluarga. Karena jika komunikasi di lingkupan keluarga berjalan dengan baik,untuk di lingkungan yang lainnya bisa disesuaikan secara otomatis.

Dari paparan saya diatas,sebenarnya apa sih arti dari komunikasi itu?? Apa saja jenisnya?? Bagaimana prosesnya?? Dan seperti apa sih komunikasi yang efektif itu?? Yuk kita bahas disini :D



Apa sih komunikasi itu??


Menurut Raymond Ross, komunikasi yaitu  proses menyortir, memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu penerima pesan membangkitkan respons/ makna dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator. Sedangkan menurut Carl I. Hovland, komunikasi merupakan suatu proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangan (biasanya dengan menggunakan lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain.

Namun secara umum , komunikasi merupakan suatu proses pembentukan, penyampaian, penerimaan dan pengolahan pesan yang terjadi di dalam diri seseorang dan atau di antara dua atau lebih dengan tujuan tertentu. Definisi tersebut memberikan beberapa pengertian pokok yaitu komunikasi adalah suatu proses mengenai pembentukan, penyampaian, penerimaan dan pengolahan pesan.

Apa saja sih jenis dari komunikasi???

Terdapat 3 jenis komunikasi,yaitu…

1.       Berdasarkan cara penyampaian

a.      Komunikasi verbal (Lisan)

Jika secara langsung,tidak dibatasi oleh jarak dan kedua belah pihak bertatap muka,seperti dialog dua orang. Sedangkan kalau secara tidak langsung,akan dibatasi oleh jarak.. seperti komunikasi lewat telepon.

b.      Komunikasi nonverbal ( tertulis)

Terdapat 2 media,yaitu naskah serta gambar dan foto. Untuk naskah itu penyampaian kabar secara kompleks. Sedangkan gambar dan foto merupakan suatu penyampaian yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata

2.      Berdasarkan perilaku

a.      Komunikasi Formal

komunikasi yang terjadi diantara organisasi atau perusahaan yang tata caranya sudah diatur dalam struktur organisasinya.

b.      Komunikasi Informal

Komunikasi yang terjadi pada sebuah organisasi atau perusahaan yang tidak ditentukan dalam struktur organisasi serta tidak mendapat kesaksian resmi yang mungkin tidak berpengaruh kepada kepentingan organisasi atau perusahaan. Contohnya kabar burung , desas-desus, dan sebagainya.

c.       Komunikasi Informal

Komunikasi yang terjadi antara komunikasi yang bersifat formal dan informal , yaitu komunikasi yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas pekerjaan organisasi atau perusahaan dengan kegiatan yang bersifat pribadi anggota organisasi atau perusahaan tersebut. Contohnya rapat mengenai ulang tahun perusahaan.

3.      Berdasarkan kelangsungan

a.      Komunikasi Langsung
proses komunikasi dilakukan secara langsung tanpa bantuan perantara orang ketiga ataupun media komunikasi yang ada dan tidak dibatas.

b.      Komunikasi Tidak Langsung

                              proses komunikasinya dilaksanakan dengan bantuan pihak ketiga atau bantuan alat - alat  media komunikasi


Lalu,bagaimanakah komunikasi terjadi???

Komunikasi terjadi melalui beberapa proses,berikut proses nya…

  



Penjelasan :

1.       Pengirim pesan dan isi pesan

ü  Pengirim pesan itu orang yang punya ide untuk disampaikan ke seseorang dengan harapan dapat dipahami oleh orang yang menerima pesan sesuai yang dimaksudkannya.
ü  Pesan itu informasi yang disampaikan oleh pengirim pesan,dapat berupa verbal atau non verbal.

2.      Simbol

ü  Pengirim pesan membuat kode atau symbol agar pesannya dapat dipahami oleh orang lain.
ü  Tujuan penyampaian untuk mengajak,membujuk,mengubah sikap,dll

3.      Media/penghubung

ü  Alat untuk penyampaian pesan
ü  Contoh nya itu TV,radio,surat kabar,telepon,dll

4.      Mengartikan kode/isyarat

ü  Si penerima harus dapat mengartikan symbol/kode yang disampaikan oleh pengirim pesan  sehingga dapat dimengerti/dipahaminya

5.      Penerima pesan

ü  Merupakan orang yang dapat memahami pesan dari si pengirim pesan meskipun dalam bentuk kode tanpa mengurangi arti pesan yang di maksud oleh pengirim

6.      Balikan

ü  Merupakan isyarat atau tanggapan yang isinya kesan dari penerima pesan dalam bentuk verbal maupun nonverbal
ü  Tanpa ini,si pengirim tidak akan tahu dampak pesannya terhadap si penerima pesan

7.      Gangguan

ü  merupakan bagian dari proses komunikasi  akan tetapi mempunyai pengaruh dalam  proses komunikasi, karena pada setiap situasi hampir selalu ada hal yang mengganggu kita.

Yang terakhir,bagaimanakah syarat terjadinya komunikasi yang efektif???

Untuk mencapai suatu komunikasi yang efektif,terdapat beberapa syarat… Antara lain :

1. Persepsi atau pandangan
Komunikasi harus memperkirakan apakah pesan-pesan yang akan disampaikannya dapat diterima komunikan dengan tepat.

2. Ketepatan
Komunikasi dapat mencapai sasaran bila komunikator dapat mengekspresikan atau menuangkan hal yang ingin disampaikan sesuai dengan kerangka berfikir komunikan. Apabila hal ini tidak sesuai maka terjadi miscomunication.

3. Kredibilitas
Dalam komunikasi, komunikator harus mempunyai keyakinan bahwa komunikannya termasuk orang yang dapat dipercaya.

4. Pengendalian
Ketika berkomunikasi, komunikan tentunya akan memberikan tanggapan terhadap pesan yang disampaikan. Reaksi komunikan tergantung pada berhasil atau tidaknya komunikator mengendalikan komunikator pada saat melakukan komunikasi.

5. Kecocokan atau keserasian
Yang dimaksud dengan kecocokan disini adalah apabila komunikator dapat menjaga hubungan persahabatan yang menyenangkan dengan komunikan sehingga komunikasi dapat berjalan lancar dan mencapai tujuan.

Seorang komunikator dapat dikatakan baik, jika menghormati dan berhasil memberi kesan yang baik kepada komunikan.

Sumber-sumber :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar